Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan Secara Alami

Mengatasi Rambut Rontok. Melahirkan merupakan saat dimana wanita mengeluarkan Janin yang ada di dalam rahimnya yang telah Dia kandung selama 9 bulan. Ketika melahirkan, ada banyak sekali perubahan hormon yang dialami wanita, yang mengakibatkan terjadinya perubahan fisik pada beberapa anggota tubuh. Perubahan yang terjadi seperti perut yang mengendur, payudara yang terlihat kemerahan karena mengandung ASI bahkan mengalami kerontokan pada rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Terjadinya kerontokan rambut setelah melahirkan lebih disebabkan akibat semakin menebalnya rambut ketika mengandung. Setelah bayi dalam kandungan lahir, kadar estrogen dalam tubuh wanita akan kembali normal seperti kadar pada wanita biasa pada umumnya yang tidak mengalami kehamilan dan melahirkan. Perubahan kadar estrogen inilah yang mengakibatkan rambut rontok pasca melahirkan, baik bayi yang dilahirkan itu perempuan maupun bayi laki-laki.

Pada umumnya, rambut rontok setelah melahirkan akan kembali normal dengan sendirinya setelah beberapa bulan seiring dengan kembali stabilnya hormon di dalam tubuh. Apabila Anda merasa risih dengan rambut rontok ini terutama harus menunggu beberapa bulan supaya kembali normal, Anda dapat melakukan beberapa cara alami yang dicoba untuk mengatasi masalah pada salah satu mahkota wanita ini. Sebelum ke pembahasan mengatasi rambut rontok, ada baiknya Kita mengetahui terlebih dahulu penyebab rambut rontok pasca melahirkan.

Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan
Terdapat dua fase dalam siklus pertumbuhan rambut manusia dalam kondisi normal. Dua fase tersebut yaitu fase istirahat dan fase pertumbuhan. Meskipun siklus ini bisa di ukur dan di pelajari dengan bantuan teknologi modern, tapi pada dasarnya siklus ini terdapat perbedaan antara satu orang dengan yang lainnya. Dalam fase istirahat biasanya berlangsung kisaran tiga bulan, sedangkan dalam siklus pertumbuhan dapat berlangsung kisaran tiga tahun. Saat fase istirahat inilah rambut akan berada di folikel hingga rambut tersebut terdorong dari dalam oleh rambut yang baru mengalami pertumbuhan. Perubahan hormon setelah melahirkan akan membuat rambut mengalamai fase istirahat dalam jangka waktu yang lebih lama, kisaran 3-6 bulan sampai rambut tersebut terdorong keluar. Ketidak normalan siklus yang dialami wanita setelah melahirkan akan terus terjadi dari 6 bulan sampai satu tahun.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan


  1. Gunakan shampo, vitamin rambut atau  contioner yang mengandung silica atau biotin yang dapat menguatkan akar rambut. Dengan asupan kedua kandungan tersebut ke dalam rambut akan mengurangi terjadinya kerontokan rambut setelah melahirkan.

  2. Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung nutrisi tinggi, karena dapat merangsang pertumbuhan rambut, hal ini sangat membantu menumbuhkan kembali rambut yang rontok.

  3. Rambut rontok berlebih setelah melahirkan juga dapat terjadi akibat kekurangan zat besi, asam folat dan B12. Beberapa jenis makanan yang harus dikonsumsi agar tubuh tetap terpenuhi oleh zat tersebut seperti ikan, kuning telur, brokoli, bayam dan kacang kacangan.

  4. Rangsang pertumbuhan rambut dengan mengkonsumsi supleman yang dapat memproteksi rambut dan merangsang rambut supaya tumbuh dengan cepat. Suplemen yang dipilih harus mengandung vitamin E, vitamin C, B-Kompleks, biotin, zinc, zat besi dan asam folat.

  5. Selain faktor dari dalam, hal yang harus diperhatikan untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan adalah faktor luar. Anda harus mengurangi kebiasaan seperti mengepang rambut, menguncir, mencatok rambut, atau kebiasaan lain yang dapat membuat rambut rontok semakin parah.

  6. Tinggalkan alat-alat pengering rambut seperti hair dryer, catok dan steam rambut. Karena alat-alat tersebut dapat mengeluarkan panas yang dapat mengganggu kesehatan rambut. Mulailah menahan diri untuk membuat gaya rambut yang berlebihan sebelum kondisi rambut Anda menjadi normal secara penuh.

  7. Dalam kondisi basah, biasanya rambut cenderung rapuh. Maka dari itu, ketika selesai mandi sebaiknya menyisir rambut dengan menggunakan sisir yang bergrigi renggang, sebeb jika menggunakan sisir bergrigi rapat akan meningkatkan resiko kerontokan rambut.

Dari penjelasan di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa rambut rontok setelah melahirkan merupakan siklus alam yang akan dilalui oleh wanita setelah melahirkan. Asupan gizi, nutrisi dan vitamin sangat diperlukan untuk membuat rambut menjadi tetap sehat dan kuat. Itulah pembahasan mengenai cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan, semoga selalu tampil cantik dan sehat bersama buah hati Anda.