Cara Menguatkan Akar Rambut Agar Tidak Rontok Secara Alami

Menguatkan Akar Rambut. Masalah rambut sering kali timbul akibat berbagai  macam penyakit, baik penyakit dari luar maupun dari dalam. Penyakit rambut dari dalam bisa disebabkan oleh kurangnya asupan makanan yang mengandung vitamin rambut sehingga akar rambut menjadi kurang kuat yang dapat mengakibatkan rambut rontok. Sementara itu, penyakit dari luar bisa disebabkan oleh kotoran, debu dan polusi udara yang kurang sehat yang mengakibatkan masalah pada rambut.

Salah satu masalah yang dikeluhkan banyak orang adalah rambut rontok. Kerontokan pada rambut diakibatkan oleh banyak faktor, mulai dari kurangnya asupan vitamin yang dapat melemahnya akar rambut, sampai penggunaan shampo yang tidak cocok. Pada dasarnya, supaya rambut tidak rontok, kita harus fokus pada penguatan akar rambut, sebab akar rambut yang kuat akan membuat rambut sulit terlepas dari kulit kepala.

Cara Menguatkan Akar Rambut

Cara menguatkan akar rambut dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik secara medis dengan melakukan perawatan rambut dan penggunaan vitamin rambut maupun dengan membuat ramuan menggunakan bahan alami. Bahan yang dipersiapkan juga cukup mudah ditemui sehingga sangat cocok bagi Anda yang memiliki budget yang pas-pasan yang ingin memiliki akar rambut yang kuat.

Cara Menguatkan Akar Rambut Agar Tidak Rontok


1. Kelapa
Buah dari tanaman yang pohonnya menjulang ke atas ini bisa di sebut tanaman yang kaya akan manfaat, mulai dari akar sampai daun dari kelapa bisa dimanfaatkan, terlebih pada bagian buah yang di dalamnya terdapat daging dan air kelapa. Pada bagian sari daging kelapa yang di parut kemudian di peras akan keluar santan yang dapat kita manfaatkan untuk memperkuat akar rambut agar rambut tidak mudah rontok. Santan kelapa yang dianjurkan yaitu santan dari kelapa hijau karena memiliki santan yang kental yang cocok dijadikan minyak. Cara mengolah santan untuk menguatkan akar rambut sebagai berikut.

  1. Siapkan kelapa dua buah kelapa hijau tua yang sudah di kupas.
  2. Parut kelapa hingga halus, kemudian perasa hingga menghasilkan santan.
  3. Masak hasil perasan santan tersebut di atas katel atau wajan hingga terpisah antara minyak dan ampas.
  4. Apabila minyak kelapa sudah didapatkan, silahkan oleskan minyak tersebut ke seluruh rambut Anda sambil di pijat-pijat.
  5. Diamkan selama setengah jam lalu bilas dengan air bersih.
  6. Lakukan secara runtin dan teratur supaya akar rambut Anda tetap kuat dan sehat.

2. Alpukat
Buah alpukat atau avokad banyak di budidayakan di di indonesia sebagai tanaman penghasil buah yang nantinya di jual ke pasar atau di konsumsi sendiri. Meskipun banyak ditemui di indonesia, alpukat bukan tanaman yang berasal dari Indonesia melainkan dari meksiko dan amerika tengah. Alpukat memiliki buah lonjong yang di dalamnya terdapat biji yang besar. Alpukan bisa dimakan secara langsung maupun di olah atau di buat jus. Buah Alpukat juga bisa diandalkan untuk memperkuat akar rambut agar tidak rontok. cara penggunaannya sebagai berikut.

  1. Ambil 3 buah alpukat matang dan segar dan dapat juga jumlahnya disesuaikan dengan tebalnya rambut Anda.
  2. Kupas Alpukat tersebut dari kulit dan biji nya.
  3. Tumbuk daging buah Alpukat hingga halus.
  4. Jangan mencampurkan apapun ke dalam tumbukan Alupukat termasuk Air.
  5. Cuci rambut Anda dengan air bersih.
  6. Aplikasikan Alpukat yang sudah halus tadi ke seluruh rambut dari mulai kulit kepala sampai ujung rambut, dan jangan lupa sambil di pijit-pijit halus.
  7. Setelah itu tutup kelapa Anda dengan dengan handuk hangat lalu diamkan sekitar 20 menit.
  8. Langkah terakhir silahkan cuci rambut Anda sampai bersih.

3. Daun Teh
Daun teh yang sudah dikeringkan bisa di seduh dengan air panas yang sering kita sebut sebagai teh hangat. Air teh sangat nikmat di minum di pagi dan malam hari terutama di cuaca dingin. Selain baik untuk kesehatan tubuh bagian dalam, teh juga dapat mampu memperkuat akar rambut dengan mengaplikasikan daun teh yang di ramu ke bagian rambut.

  1. Ambil satu genggam teh kering, lalu seduh dengan air mendidih.
  2. Aduk aduk teh tersebut hingga kental dan berubah warna.
  3. Selanjutnya simpan teh tersebut selama satu malam.
  4. Keesokan harinya gunakan air teh bari tersebut untuk mencuci rambut Anda sambil di pijat halus.
  5. Lakukan penggunaan ramuan ini secara teratur rutin supaya mendapatkan hasil maksimal.


Jika ingin terhindar dari rambut rontok, maka kita harus memiliki akar rambut yang kuat. Semoga berbagai cara menguatkan akar rambut yang sudah dijabarkan diatas bisa menjadi referensi bagi Anda dan dapat membuat akar rambut Anda menjadi kuat dan kulit kepala sehat.