Daftar Penyakit Yang Menyebabkan Rambut Rontok

Penyakit Penyebab Rambut Rontok. Kerontokan rambut terjadi akibat banyak faktor, mulai dari penggunaan shampo yang salah sampai kurangnya asupan vitamin untuk rambut. Selain hal tadi, kerontokan rambut juga dapat disebabkan oleh beberapa penyakit yang bisa mengganggu kesehatan rambut sehingga membuat rambut menjadi rontok dan dalam jangka waktu panjang dapat mengakibatkan kebotakan pada rambut.

Penyakit Penyebab Rambut Rontok

Setiap orang tentu saja memiliki beberapa penyakit yang menyerang tubuh. Beberapa penyakit yang di idap oleh manusia dapat berakibat pada bagian anggota tubuh lain. Seperti hanya rambut rontok, juga bisa terjadi akibat terkena berbagai macam penyakit yang dapat yang berimbas pada kesehatan rambut.

Mengetahui jenis-jenis penyakit yang dapat menyebabkan kerontokan rambut tentu saja sangat berguna bagi kita, sebab dengan mengetahui penyakit tersebut dapat meminimalisir sangkaan Kita pada penyebab rambut rontok lain. Berikut adalah daftar penyakit yang menyebabkan rambut rontok yang perlu Anda ketahui.


Penyakit Penyebab Rambut Rontok

  1. Anemia
    Kekurangan sel darah merah dapat membuat tubuh menjadi lemas, letih dan lesu. Efek samping lain yang timbul akibat penyakit ini adalah rasa kantuk yang berlebihan, sehingga Orang yang terkena Anemia terlihat seperti pemalas. Kandungan hemoglobin yang tidak terpenuhi karena Anemia dapat mengakibatkan efek pada beberapa sel dalam tubuh, salah satunya sel folikel, yang bisa membuat rambut mengalami kerontokan.

  2.  Lupus
    Penyakit lupus merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Orang yang terkena lupus memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh sel yang seharusnya melindungi tubuh dari serangan ekternal seperti kuman, bakteri dan virus, justru malah menyerang tubuh pemiliknya. Penyakit lupsu dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, sebab penyakit ini juga menyerang bagian kulit yang dekat dengan folikel rambut yang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok.

  3. Infeksi Jamur di Kulit Kepala
    Jamur pada kulit adalah salah satu masalah yang sering di derita banyak Orang. Jamur terkadang menyerang bagian kulit yang tak bisa Kita duga, termasuk kulit kepala. Infeksi jamur pada kulit kepala sejenis koreng dapat mengganggu kesehatan rambut hingga mengakibatkan rambut rontok karena kulit kepala menjadi gatal dan terkelupas.

  4. Perubahan Hormon
    Kerontokan pada rambut tak hanya terjadi akibat penyakit yang menyerang tubuh. Rambut rontok dapat juga terjadi akibat perubahan hormon. Keadaan ini seringkali erat kaitannya dengan wanita, karena wanita seringkali memiliki hormon yang berubah tergantung pada keadaan dan siklus rutin yang dialaminya. Perubahan hormon pada wanita yang mengakibatkan rambut rontok biasanya saat terjadi menstruasi, setelah melahirkan dan adanya adanya fluktuasi menopause.

  5. Hipotiroidisme
    Penyebab paling umum penyakit Hipotiroidisme adalah kekurangan asupan gizi berupa yodium dan iodina. Penderita penyakit ini memiliki kandungan tiroid yang lebih sedikit dibandingkan dalam keadaan normal. Sementara itu, kandungan tiroid sangat penting untuk keperluan metabolisme tubuh. Selain itu kelenjar tiroid juga memiliki peran penting lainnya, seperti pengaturan denyut jantung, mengontrol mood dan suasana hati. Tugas lain dari hormon tiroid yaitu memberikan suplai energi dan oksigen ke rambut. Kekurangan hormon tirod tentunya dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan rambut, rambut yang tidak memiliki suplai dari hormon yang tidak sesuai kadarnya membuat akar rambut tidak begitu kuat menempel pada kulit kepala yang berakibat pada kerontokan rambut.

  6. Anagen Effluvium
    Efek samping dari perawatan medis juga bisa menjadi penyebab kerontokan rambut. Seperti contoh, pada penderita kanker harus melakukan berupa kemotrapi. Penyinaran radiasi yang dilakukan pada penderita kanker bertujuan untuk membunuh sel kanker di dalam tubuh. Akibat dari pembunuhan sel kanker ini mengakibatkan banyak sel di sekitarnya terbunuh, seperti sel folikel rambut, yang dapat berakibat pada kerontokan rambut.

  7. Androgenetic Alopecia
    Keadaan ini merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan dari faktor genetik yang di turunkan oleh orang tua. Androgenetic Alopecia merupakan hilangnya rambut pada manusia, dan bisa menerang pria maupun wanita. Pada pria, penyakit ini dapat menyebabkan kebotana pada kulit kepala, sementara pada wanita akan membuat rambut semakin lama semakin menipis hingga akhirnya rambut menjadi sedikit. Jadi Androgenetic Alopecia merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.

Mengetahui daftar penyakit yang dapat mengakibatkan rambut rontok cukup penting, agar kita tidak menuduh efek samping lain yang terjadi ketika kita mengalami kerontokan rambut. Sebetulnya masih banyak jenis-jenis penyakit yang dapat mengakibatkan rambut rontok, namun hanya itulah beberapa penyakit yang menyebabkan kerontokan pada rambut yang dapat Saya berikan. Semoga dengan mengetahui daftar penyakit yang dapat menyebabkan rambut rontok ini bisa Kita memotivasi kita agar selalu menjaga kesehatan agar selalu memiliki rambut yang sehat dan kuat.